Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan


Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan- Memiliki bau badan tentu saja membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu aktivitas dan tak jarang juga dapat menghancurkan kehidupan sosial kita. Selain itu, orang-orang di sekitar kita sudah pasti akan merasa tidak nyaman dan terganggu oleh aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh kita.

Menurut dunia medis, penyebab bau badan tersebut muncul karena adanya bakteri pada lapisan pori yang tertutup oleh keringat kita. Meski prosentasenya hanya 1 %, namun bakteri tersebut akan mampu memecah protein dan mengubahnya menjadi asam yang menyebabkan bau kurang sedap.

Untuk menghilangkan bau ini, biasanya mereka menggunakan parfum agar bau tubuhnya menjadi wangi. Namun kenyataannya, parfum hanya dapat menjadi solusi sementara. Begitu wangi parfum itu hilang, bau badan akan mulai tercium kembali. Karena, setiap manusia mempunyai kelenjar keringat dan umumnya keringat tidak berbau.

BACA JUGA : Yakin Memiliki Sperma Sehat Berkualitas? Kenali Ciri-cirinya di sini


Namun, jika melekat di kulit beberapa jam akan menimbulkan bau yang tak sedap. Hal itu karena bakteri-bakteri yang muncul dan hidup di permukaan kulit secara alamiah. Yang kemudian bakteri-bakteri itu berkembang biak dengan cepat ketika keringat keluar. Kelenjar keringat yang keluar di produksi oleh kelenjar apokrin.

Perlu diketahui bahwa keringat dihasilkan oleh 2 kelenjar penting dalam tubuh manusia, yaitu:

•    Kelenjar Accrin, yaitu bertugas untuk memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi. Kelenjar accrin ini umumnya berada di tangan, punggung dan dahi. Kelenjar accrin ini mengeluarkan banyak cairan yang mengandung air dan tidak berbau. Cairan tersebut berfungsi untuk menurunkan kondisi tubuh pada waktu tertentu. Kelenjar accrin ini memiliki kandungan asam lemak jenuh dengan cairan yang lebih kental dan berminyak.

•    Kelenjar Apokrin, kelenjar ini letaknya lebih luas di dalam tubuh, terutama dibagian tubuh yang memiliki akar rambut seperti ketiak, organ intim dan di dalam hidung. Namun, kelenjar apokrin ini lebih banyak terdapat dibagian ketiak karena ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk menghasilkan dan mengeluarkan keringat. Kelenjar apokrin ini juga akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Yang kemudian muncullah bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin ini akan aktif setelah pubertas.




Ada beberapa faktor penyebab bau badan, diantaranya:

1.    Stres

Percaya atau tidak, ada berbagai jenis keringat, dan senyawa kimia yang berbicara. Dan keringat yang bau biasanya karena stres. Ini karena keringat dihasilkan kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair, dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur. Menurut Mayo Clinic, inilah yang membuat bau. Sementara menurut YouBeauty, keringat dari latihan atau terlalu panas di luar sebagian besar terdiri dari air dan elektrolit.

2.    Kesalahan Konsumsi Makanan

Penyebab bau badan yang berlebihan yaitu terlalu Banyak Mengkonsumsi makanan berbau tajam, pedas serta daging yang berwarna merah, bawang putih dan lain sebagainya. Hal ini karena hasil dari makanan tersebut akan keluar juga lewat keringat tentu timbullah bau tidak sedap tersebut, perlu kamu ketahui makanan bukan hanya dikeluarkan melalui urin dan feses, melainkan bisa juga lewat keringat.

3.    Mengkonsumsi Alkohol

Jika Anda termasuk orang yang sering mengonsumsi alkohol itu juga akan menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Karena sebagian besar alkohol yang sudah Anda minum akan diproses oleh bagian tubuh yang bernama hati, tetapi ada sekitar 10 % kandungan Alkohol yang akan dikeluarkan dengan kelenjar keringat, nafas dan serta urin. Oleh karena itu, untuk Anda yang sering mengkonsumsi alkohol, hal ini akan dapat menyebabkan tubuh Anda mudah sekali mengeluarkan keringat dan memiliki bau badan yang tak sedap/menyengat.

4.    Kelainan Genetik

Orang-orang tertentu secara genetik cenderung memiliki bau tubuh yang kuat. Sebuah kelainan genetik langka yang disebut trimetilaminuria (atau “sindrom bau amis”), menyebabkan seseorang memiliki bau amis di nafas, keringat dan urinnya. Sindrom ini disebabkan oleh cacat pada enzim yang memecah trimetil-amina, produk sampingan dari pencernaan protein yang dikeluarkan oleh bakteri yang ada dalam usus.

5.    Jarang Ganti Pakaian Dalam

Saking favoritnya Anda dengan pakaian dalam, membuat Anda untuk mengenakannya sepanjang hari, bahkan beberapa hari. Jika Anda mengalami hal tersebut, hati-hati. Tanpa disadari, hal tersebut bisa menyebabkan bau badan yang nggak sedap. Bau keringat bisa jadi parah ketika Anda terkena kain. Bagi perempuaan, sebaiknya jangan sampai Anda mengendapankan bra di tubuh hanya karena barang tersebut adalah favorit.

6.    Kurangnya Perawatan pada Tubuh

Penyebab lainnya karena kurangnya perawatan untuk tubuh, jagalah kebersihan tubuh Anda, jika tubuh saja tidak bersih bagaimana mungkin bau badan menjauh dari Anda?

7.    Pola Hidup yang Salah

Jarang mandi, sering menggunakan pakaian berbahan tebal dalam waktu cukup lama, tidak mengganti pakaian jeans dalam waktu yang lama, dan penyebab serupa lainnya pun dapat menimbulkan bau badan yang berlebihan.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Siapapun orangnya akan tidak nyaman ketika meliliki bau badan, karena bisa mengganggu konsentrasi diri sendiri dan orang lain. Selain itu juga bau badan menyebabkan sesorang kurang percaya diri ketika sedang berkomunikasi dan berkumpul dengan orang-orang disekitarnya. 

Untuk itu ada banyak cara untuk mengatasi masalah bau badan. Seperti, bergaya hidup sehat dan bersih, mengontrol kelembaban tubuh, mengganti pakaian yang sudah kena keringat, menjaga bagian tubuh yang sering mengeluarkan keringat, dan sebagainya. 

Bagi Anda yang memiliki keluhan bau badan tak sedap sebisa mungkin Anda hindari beberapa penyebab yang bisa memicu munculnya bau badan pada diri Anda seperti yang telah dijelaskan di atas.


Lihat koleksi terbaru kain tenun ikat khas nusantara Troso Jepara hanya dengan Klik gambar di bawah ini

https://www.tokopedia.com/tenunsinarmulia
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar